Biaya Tangani Pengungsi Suriah akan Semakin Besar

51 views
Pengungsi Suriah di Eropa. Foto: Ist
- Advertisement -

AMMAN (KBK)—Menteri Perencanaan dan Kerjasama Internasional Yordania, Imad Fakhoury mengatakan, biaya untuk mengatasi pengungsi Suriah yang saat ini membanjiri sejumlah negara akan semakin besar. Ini sangat mungkin terjadi jika masyarakat internasional mengabaikan masalah ini.

Pendapat ini disampaikan Fakhoury sesuai bertemu Menteri Perdagangan Luar Negeri Finlandia, Lenita Toivakka di Amman, Yordania, Ahad (18/10) kemarin.

Ia menggambarkan, Yordania telah mengalokasikan USD 2,9 milyar selama tahun 2015. Itu pun hanya 35 persen pengungsi yang dapat ditangani.

Fakhoury menambahkan, dengan menerima dan menyediakan layanan dasar pengungsi, defisit anggaran negara semakin melonjak. Demikian pula dengan utang negara. Ia memperkirakan, jumlah biaya yang dikeluarkan Yordania untuk menangani pengungsi sejak 2011 mencapai USD 6,6 miliar.

Dalam pertemuan itum pemerintah Finlandia berkomitmen akan meningkatkan bantuan untuk Yordania. Dengan demikian Yordania dapat terus melayani pengungsi Suriah yang berlindung di negara ini.

- Advertisement -