SAR Hentikan Pencarian Korban Penambang Pongkor

112 views
- Advertisement -

BOGOR – Kepal Seksi Operasi Kantor SAR Jakarta, Suyatno mengatakan, pertimbangan menutup operasi kemanusiaan evakuasi 12 penambang ilegal yang tertimbun longsor di Gunung Mas Pongkor, karena situasi yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan, sempitnya lubang membuat anggotanya tidak bisa melakukan upaya evakuasi.

“Sudah tidak bisa lagi ke sana (lubang-red), memang sangat membahayakan. Tim yang di lokasi sudah tidak sanggup, saya melihat memang itu sangat riskan. Membahayakan sekali. Pertama longsoran, kedua baru dari korban tinggi dan semacam bau belerang,” kata Suyatno, saat ditemui di Pos Kendalai Operasi Kemanusian evakuasi 12 penambangan di Aula PT ANTAM (Persero) Tbk, Bogor, Jabar, Kamis (29/10/2015).

Kepolisian Resor Bogor Kabupaten secara resmi menutup operasi kemanusiaan evakuasi 12 penambang ilegal yang tertimbung longsor di Lubang Kunti, Blok Longsoran, Desa Bantar Karet, Gunung Mas Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, sekitar pukul 16.45 WIB. Dalam operasi yang berlangsung selama dua hari, petugas hanya berhasil mengevakuasi tiga jenazah. Dua jenazah yang sempat ditemukan, gagal dievakuasi karena lubang kembali mengalami longsor.

Sementara itu, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2000 tentang Pencarian dan Pertolongan Bab III Pasal 10 menyatakan operasi dapat dihentikan atau selesai dengan mempertimbangkan seluruh korban telah ditemukan, dan dievakuasi, setelah jangka waktu tujuh hari dimulai operasi, tidak ada tanda-tanda korban akan ditemukannya korban.

“Pertimbangan dari pencari korban ini yang mau mengevakuasi sangat berbahaya, sementara mereka masih muda, juga memiliki keluarga. Yang kami khawatirkan disitu, jangan sampai menambah korban lebih banyak lagi,” katanya.

Dalam operasi tersebut, tim yang bergerak mencari korban di dalam lubang sekaligus mengevakuasi adalah warga (penambang ilegal-red) yang menjadi relawan dalam menemukan kerabat atau rekan-rekan mereka yang tertimbun. Sedangkan anggota SAR dan relawan SAR gabungan dari berbagai unsur berada di luar lubang.

- Advertisement -