Longsor di Bogor, Satu Orang Tewas

143 views
ilustrasi/IST
- Advertisement -

JAKARTA (KBK)-Hujan yang turun terus menerus akhir pekan lalu membuat bencana longsor kembali terjadi, salah satunya di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/11) ini. Longsor tersebut mengakibatkan 1 orang warga tewas dan 4 lainnya terluka.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan longsor terjadi di empat tempat di Bogor pada kemarin.

“Longsor yang terjadi bukanlah longsor besar tapi longsor talud atau tebing kecil. Namun, karena ada di daerah lereng atau tebing menjadi permukiman maka longsor pun menimbun permukiman warga,” kata Sutopo dalam pesannya kepada KBK , Senin (9/11).

Berdasarkan data BNPB, longsor terjadi di bebrapa daerah, antara lain di Kampung Cincau RT 02/02 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah pada pukul 01.00 WIB. Longsor tersebut menimpa rumah warga. Saat ini korban telah dievakuasi dan diungsikan.

Selain itu, longsor juga terjadi di Pancoran Mas RT 1/8 Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, pukul 15.00 WIB. Longsor menimpa rumah dan menyebabkan satu orang warga meninggal dunia, yakni Ade Ismail (18) dan 1 orang kritis, Muh. Aldi.

Selain itu, ada pula longsor turap yang terjadi di Blok Bambu Kelurahan Sukadamai Kecamatan Tanah Sareal dan Kelurahan Curug Kecamatan Bogor Barat. Longsor tersebut mengakibatkan dua warga mengalami luka retak.

Sutopo mengatakan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor bersama masyarakat telah melakukan penanganan di lokasi.

- Advertisement -