400 Ribu Anak Pengungsi Suriah di Turki Tidak Sekolah

257 views
Kebanyak anak-anak pengungsi Suriah di Turki tidak sekolah. Foto Al JAzeera
- Advertisement -

TURKI (KBK) – Dua pertiga dari anak-anak pengungsi Suriah di Turki tidak bersekolah.

Informasi tersebut berdasarkan studi Human Rights Watch (HRW) yang merilis laporannya setebal 62 halaman awal pekan ini.

Dalam laporan tersebut dijelaskan bahasa dan keuangan menjadi hambatan utama sehingga anak-anak pengungsi Suriah tidak bisa menerima pendidikan formal di Turki.

“Tidak bisanya anak-anak pengungsi Suriah mengenyam pendidikan, menempatkan mereka sebagai generasi yang berisiko,” kata Stephanie Gee, dari Lembaga Studi Bernstein, rekanan HRW dalam program hak pengungsi.

Turki menjadi tuan rumah lebih dari dua juta pengungsi Suriah, termasuk 708.000 anak usia sekolah.

“Dari 708.000 anak-anak pengungsi dengan usia sekolah itu, lebih dari 400.000 dari mereka tidak menerima pendidikan formal,” lapor HRW

Pemerintah Turki telah mengeluarkan kebijakan bulan September 2014, yang secara resmi memberikan akses kepada anak-anak pengungsi Suriah untuk belajar di sekolah umum Turki.

“Meskipun sudah boleh sekolah di Turki, namun masalah bahasa, integrasi sosial, kesulitan ekonomi dan kurangnya informasi tentang kebijakan tersebut, membuat anak-anak pengungsi Suriah banyak yang tidak sekolah,” jelas laporan HRW.

Menurut catatan HRW, antara 2014-2015 hanya 212.000 anak suriah yang terdaftar di pendidikan formal di tingkat dasar dan menengah.

Seperti dilansir Al Jazeera, (10/11/2015), laporan HRW mengungkapkan, dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak pengungsi Suriah sejatinya akan mengurangi risiko pernikahan dini, perekrutan militer anak-anak oleh kelompok bersenjata dan menstabilkan masa depan mereka.

Sejauh ini, dari pihak Turki sendiri telah menghabiskan lebih dari US$ 7 milyar untuk membantu pengungsi Suriah sejak 2011, dan US$252 juta untuk pendidikan anak-anak pengungsi Suriah di 2014-2015.

Badan Pengungsi PBB UNHCR mencatat, sekitar 4,2 juta pengungsi dari Suriah, termasuk 4 juta anak-anak dan 12,2 juta orang pengungsi di dunia, termasuk 5,6 juta anak-anak

- Advertisement -