Wabah di Balik Indahnya Gerhana Matahari

8.244 views
- Advertisement -

BEBERAPA saat lagi kita akan mengalami gerhana matahari total (GMT). Suatu proses yang terjadi beberapa tahun sekali. Dan kali ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang terkena fenomena langka ini dan dapat dilihat secara langsung di beberapa daerah.

Belakangan, klinik dan Rumah Sakit penuh dikunjungi oleh pasien-pasien yang mengalami beragam masalah kesehatan, bahkan seringkali kita mendengar cerita kematian mendadak padahal pada awalnya orang tersebut masih sehat-sehat saja.

Ternyata, proses gerhana matahari ini juga mempengaruhi kondisi tubuh kita. Terjadi perubahan tubuh yang sebenarnya merupakan respon adaptasi menghadapi tekanan gravitasi antar planet yang mengganggu sistem komunikasi sel dan kerja hormon adrenal yang terletak di atas ginjal.

Inilah yang menyebabkan perasaan lelah, sedikit mengantuk, menurunnya sistem imun,dan sering disertai perubahan emosi. Pada orang-orang yang rentan seperti anak-anak dan orang dengan penyakit kronik, kondisi ini dapat dirasakan sangat berat.

Beberapa hal berikut dapat membantu mengendalikan proses adaptasi tubuh dan menghindarkan diri agar tidak menjadikan gangguan keseimbangan tubuh ini berlarut-larut.

Berikut ini adalah tips-tips sederhana yang dapat dilakukan:

1. Menjaga Keseimbangan

Untuk menjaga keseimbangan seperti mengurangi asupan karbohidrat sederhana (seperti gula dan tepung) terutama di malam hari karena akan semakin meningkatkan respon radang yang sedang terjadi dalam tubuh dan memicu kenaikan hormon kortisol sebagai hormon stres.

Halaman Berikut : Cukup Minum Cairan

- Advertisement -