Dengan Teknologi, Zakat Semudah Memberi Like

540 views
- Advertisement -

JAKARTA—Di era kemajuan digital dan tekonologi kemunikasi saat ini, berbagai kemudahan didapatkan kebanyakan orang. Mulai dari aktivitas pertemanan, belajar, hingga jual-beli.

Hadirnya berbagai layanan digitial dan teknologi komunikasi juga kian memudahkan orang melakukan aktivitas kebajikan dan sosial. Dalam hal ini, memudahkan orang untuk melakukan donasi.

Kondisi kekinian inilah yang dimanfaatkan lembaga zakat Dompet Dhuafa memberikan kemudahan kepada publik ihwal berzakat. Dompet Dhuafa menghadirkan berbagai layanan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) melalui beragam kanal teknologi.

“Terlebih di bulan Ramadhan ini untuk mengakomodasi niat kebaikan publik, Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan menunaikan Ziswaf melalui kanal perbankan, QR Code, situs e-commerce, dan situs crowd funding,” kata Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi Ahmad Juwaini di Jakarta, dalam siaran pers-nya, Rabu (22/6/2016).

Dalam kanal perbankan, masyarakat bisa berdonasi ke Dompet Dhuafa melalui lewat ATM, Intenet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, kartu kredit, Paypal, dan ipaymu. Sementara dalam situs jual beli digital, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan beberapa situs. Untuk donasi via situs crowd funding, Dompet Dhuafa bersinergi dengan Kitabisa.com.

“Dengan semua layanan tersebut semakin memudahkan orang berzakat. Berzakat kian semudah memberi like seperti di media sosial,” kata Ahmad.

Selain mengoptimalkan teknologi digital, Dompet Dhuafa juga menghadirkan kemudahan layanan konvensional. Dompet Dhuafa menghadirkan 85 counter zakat  di beberapa mal, perkantoran, dan pusat perbelanjaan lainnya di Jabodetabek. Selain itu, da pula layanan jemput zakat untuk wilayah Jabodetabek. Tim jemput zakat ini akan sigap menjemput zakat baik di rumah maupun tempat yang diminta donatur.

Setelah donatur melakukan transaksi donasi, mereka akan dimudahkan dalam mendapatkan konfirmasi donasi atau bukti berdonasi melalui sistem kuitansi manual, email atau SMS. Mengingat Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga amil zakat berizin sesuai UU 23 Tahun 2011, bukti pembayaran zakat ke Dompet Dhuafa dapat digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.

- Advertisement -