Krisis Pangan dan Air, Penduduk Sudan Selatan Terjangkit Kolera

552 views
Ilustrasi anak menderita Kolera/ who.int
- Advertisement -

SUDAN – Di tengah kekacauan dan krisis pangan yang tengah melanda Ibu Kota Sudan Selatan, puluhan orang diduga terjangkit penyakit kolera.

Penduduk Sudan Selatan yang terjangkit kolera adalah sedikitnya 70 orang dan enam orang tewas akibat penyakit ini.

Reuters melaporkan, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengungkapkan keadaan krisis di Sudan Selatan diperparah dengan musim hujan yang akhirnya mempermudah penyebaran penyakit. Faktor drainase yang tidak berfungsi dengan baik juga menjadi penyebab warga mudah tertular penyakit.

Seperti diketahui Kolera merupakan penyakit yang disebabkan bakteri yang biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi. Penyakit ini menyebabkan diare akut serta dehidrasi.

Sementara itu PBB mengatakan gudang makanan yang ada untuk membantu para korban telah dicuri dan dihancurkan. Belum lagi, kondisi tidak aman karena pertempuran di Juba antara pasukan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dan oposisi dari wakil orang nomor satu di negara tersebut terus terjadi sehingga penanganan pasien semakin sulit dilakukan.

Konflik yang semakin memanas dan keadaan yang menmprihatinkan membuat penderita kolera sulit mendapat pengobatan dan jauh dari kesembuhan. Bahkan 4,8 juta orang dilaporkan mengalami kelaparan disana.

- Advertisement -