Presiden Jokowi Kunjungi Garut, Akan Bicarakan Relokasi Warga ke Rusun

457 views
Situasi Kampung Cimacan Garut pasca banjir bandang 20 September 2016/ Foto:Jun Aditya/KBK
- Advertisement -

GARUT – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan tiba hari ini, Kamis (29/9/2016) di Garut untuk memantau lokasi bencana banjir bandang Garut.

Dalam kunjungannya Jokowi akan berdialog langsung dengan 1500 perwakilan warga dari tujuh kecamatan yang terdampak banjir bandang pada Selasa (20/9/2016) malam, seperti dikutip dari siaran langsung Selamat Pagi Indonesia, Metro TV.

Salah satu hal yang diutamakan Jokowi dalam dialog bersama para korban, yakni pembicaraan mengenai relokasi atas saran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa warga di bantaran sungai Cimanuk harus direlokasi ke rumah susun.

Namun beberapa warga enggan direlokasi, “Boleh direlokasi, tapi harus sesuai harapan, misalnya punya rumah harus punya rumah lagi, kalau ke rusun ya gimana anak-anak kan sekolah jauh,” ujar Winarti, salah satu warga.

Kurniawan, warga lainnya juga menjawab hal yang sama, “Yang punya rumah diganti rumah lagi, kalau rusun warga nggak mau,” ujarnya.

Sementara itu rencana pemindahan warga ke rusun masih dalam proses pendataan dari RT dan RW atas rumah-rumah yang terdampak banjir bandang. Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Garut sudah membangun rusunawa bagi warga bantaran Sungai Cimanuk yang bisa ditempati mulai tahun depan.

- Advertisement -