Badai Matthew Menuju Bahama, Setelah Tewaskan 26 Orang di Haiti

542 views
Ilustrasi kerusakan akibat badai dii Haiti/ Reuters
- Advertisement -

BAHAMA (KBK) – Badai Matthew memutar menuju Bahama dan pantai timur Florida, Rabu (5/10/2016), sebelumnya badai ini sudah menewaskan sedikitnya 26 orang dan merusak sebagian besar rumah di selatan Haiti.

Badai kuat Kategori 3 ini lebih sengri dari Badai Karibia dalam satu dekade. Badai ini memporakporandakan Kuba dan Haiti dengan kecepatan 140-230-kilometer per jam. Badai menghancurkan kota dan peternakan, tanaman dan rumah.

Di Amerika Serikat, jutaan orang dievakuasi dan Gubernur Florida Rick Scott memperingatkan warga untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana besar.

Ratusan ribu orang telah dievakuasi dari jalan yang diprediksi akan ditempu Badai Matthew. Badai ini memicu banjir dan menewaskan empat orang di Republik Dominika, dan 22 orang di Haiti. Kedua negara dalam satu pulau Hispaniola.

“Sekitar 80 persen rumah di Haiti Sud Departemen, rusak. Haiti sendiri memiliki populasi lebih dari 700.000 orang”, kata seorang pejabat pemerintah dalam pertemuan dengan pejabat U.N. di tempat pengunsian yang dihuni 11.000 orang pengungsi.

Di kota Jeremie, penduduk terpaksa memasak dan tidur di luar rumah, karena sebagian besar mereka memiliki rumah yang knocked down. Menjadi rusak parah karena badai.

Dikutip dari Reuters, Haiti merupakan negara termiskin di Amerika.

- Advertisement -