Wakaf Islam (2)

354 views
Univeritas Carniegie yang didirikan oleh Andrew Carniegie . Foto: Wikipedia
- Advertisement -

Wakaf Islam (2)

Wakaf di Amerika dan Eropa

Gereja adalah bentuk wakaf satu-satunya yang diterapkan di Eropa hingga abad ke-13. Setelah itu muncul wakaf sosial yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Kegiatan sosial itu bertujuan memberikan pelayanan umum. Pada abad ke-19 wakaf berbentuk yayasan (Foundation) yang memiliki peraturan tersendiri yang dikenal sebagai lembaga non-profit. Pendanaan lembaga tersebut berasal dari sumbangan masyarakat (donatur).

Dari sisi tujuannya ada beberapa wakaf yang memiliki tujuan umum kemanusiaan. Misalnya wakaf Carniegie yang didirikan oleh Andrew Carniegie ditahun 1911 dan wakaf Rockeffeler yang didirikan tahun 1913. Ada juga wakaf khusus untuk pendidikan, kesehatan, penelitian, atau membantu penderita penyakit jantung dan ginjal, dan lain sebagainya.

Dari sisi pendiri wakaf, ada yang mendirikan wakaf perusahaan, wakaf pribadi dan keluarga, wakaf masyarakat lokal, wakaf agama dan suku minoritas, dan lain sebagainya. Salah satu contoh adalah wakaf untuk Islam di Amerika Utara (North America Islamic Trust) yang berpusat di Indiana, didirikan tahun 1971, untuk kepentingan umat Islam.

Istilah Foundation tidaklah sama dengan wakaf dalam konsep Islam, karena tidak meliputi ide melepaskan kepentingan pribadi dari harta wakaf. Di Amerika dikenal 3 pembagian wakaf yaitu lembaga wakaf (Foundation), lembaga nirlaba (Non-Profit Corporation) dan wakaf amanah (Trust)

Sejarah Penerapan wakaf

Gagasan wakaf adalah murni dari Islam, terutama wakaf  investasi, wakaf pelayanan umum atau wakaf keluarga. Seperti dicontohkan Rasulullah saw berupa wakaf perkebunan Mukhairiq, wakaf  sumur raumah oleh Usman bin Affan, wakaf perkebunan oleh Umar bin Khattab dan wakaf kebun kurma oleh Abu Thalhah. Dan tidak satupun dari keluarga sahabat yang memiliki harta yang tidak mewakafkan sesuatu yang mereka miliki.

- Advertisement -