Wakaf Islam (3)

175 views
- Advertisement -

Dewasa ini, dinegara-negara barat dan Amerika, wakaf telah menjadi bagian penting dari kekayaan nasional dan banyak memberikan sumbangan sosial. Di Amerika, kita tidak bisa menemukan Rumah Sakit atau pusat penelitian yang tidak didanai oleh sektor non-profit, baik berbentuk wakaf maupun sumbangan sukarela. RS non-profit di AS jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak ketimbang RS komersial.

Pada sektor pendidikan, juga hampir tidak ditemukan pendidikan komersial pada tingkat dasar dan menengah, karena adanya fasilitas gratis dari pemerintah. Adapun pada tingkat Universitas dan perguruan tinggi maka peranan wakaf dan donasi sukarela sangat dominan, sehingga biaya kuliah bisa terjangkau oleh mahasiswa.

Dalam sebuah kajian tahun 1989 di Amerika terdapat  1.140.000 lembaga  yang memiliki tujuan sosial kemanusiaan. Semua lembaga ini memberikan derma sebesar 78% dari seluruh sumbangan sosial yang jumlahnya mencapai 151 juta dollar. Perlu dicatat bahwa aset wakaf dan sumbangan keagamaan menempati urutan pertama, jumlahnya melampaui setengah dari semua sumbangan sosial.

*) Disarikan dari buku Wakaf Islam, Badan Wakaf Indonesia 2015

- Advertisement -