Wakaf Islam (4)

223 views
Wakaf Jalan Allah
Ilustrasi: Wakaf
- Advertisement -

Wakaf Islam (4)

Pengertian Wakaf

Wakaf adalah “Menahan modalnya dan mendermakan manfaatnya”. Penahanan harta benda untuk dinvestasikan dan membelanjakan hasilnya untuk kebaikan dengan tujuan bertaqarrub kepada Allah Swt.  Wakaf  merupakan sedekah jariyah yang mengalirkan pahala kepada pewakaf (wakif) selama harta wakaf memberikan manfaat.

Badan wakaf memiliki modal wakaf yang bersifat investatif untuk dikelola secara produktif  yang hasilnya dimanfaatkan untuk tujuan sosial kemasyarakatan.

Adapun kata Endowment berarti setiap kekayaan yang diberikan kepada lembaga amal untuk mewujudkan berbagai tujuan. Endowment tidak merujuk kepada badan atau lembaga tetapi merujuk kepada harta kekayaan yang diberikan atau dihibahkan kepada lembaga.  Foundation adalah badan atau organisasi non-pemerintah yang mengandalkan  sumbangan pendirinya untuk tujuan sosial. Sedangkan non-profit corporation banyak diantaranya yang memiliki modal wakaf yang memberikan sejumlah laba. Lembaga ini juga menerima sumbangan dari masyarakat luas.

Keistimewaan wakaf

Wakaf berbeda dengan sedekah biasa yang bendanya dihabiskan dalam sekali pemakaian sehingga disebut sebagai sedekah konsumtif. Sedekah akan mejadi jariyah (mengalir) selama manfaatnya mengalir berulang-ulang. Meskipun hanya berulang dalam tempo singkat, itupun sudah disebut jariyah.

Wakaf secara ekonomi

Pendirian wakaf Islam mirip dengan korporasi ekonomi yang eksis selamanya. Wakaf merupakan suatu proses yang terdiri dari investasi untuk masa depan dan membangun kekayaan produktif untuk generasi yang akan datang.

Ada dua macam harta wakaf. Pertama adalah wakaf konsumtif, yaitu kekayaan yang memproduksi layanan konsumtif secara langsung kepada penerima wakaf , seperti sekolah, rumah sakit, rumah yatim atau rumah untuk anak-cucu. Kedua adalah wakaf investasi, yaitu harta wakaf investasi untuk memproduksi barang dan jasa yang dijual kepada konsumen umum yang keuntungannya dibelanjakan sesuai ketentuan pewakaf, baik untuk kepentingan umum ataupun keluarga.

- Advertisement -