Wahai Kaum Perempuan, Ikutilah Pemeriksaan Dini Kanker Serviks

349 views
Ilustrasi/ Foto: viva.co.id
- Advertisement -

Perempuan Indonesia, kanker serviks (kanker leher rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang menakutkan bagi para perempuan dikarenakan jumlah angka kematian karena kanker serviks masih tinggi. Di dunia setiap dua menit seorang perempuan meninggal karena kanker servik. Di Indonesia terdapat lebih dari 15.000 kasus kanker servik baru dan kurang lebih 8.000 kematian per tahun.Menurut para ahli kanker, kanker servik adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua kasus kanker.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu Human Papilloma Virus (HPV). HPV adalah nama yang diberikan untuk keluarga virus. Berbagai jenis HPV ada yang digolongkan sebagai faktor risiko tinggi menyebabkan kanker serviks (HPV tipe 16 dan 18) dan ada yang berisiko rendah (HPV tipe 6 dan 11), yang dapat menyebabkan kutil atau verrucas. Infeksi HPV pada perempuan bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal dan pada sebagian perempuan, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Kanker serviks dapat dikenali pada tahap pra kanker, yaitu dengan cara mencegah dengan imunisasi kanker serviks maupun dengan melakukan pemeriksaan dini, artinya melakukan pemeriksaan tanpa menunggu keluhan yang muncul. Beberapa pemeriksaan dini untuk kanker serviks yang telah dikenal, yaitu IVA (Inpeksi Visual Dengan Asam Asetat) dan PAP SMEAR.

Menjalani tes kanker atau pra-kanker dianjurkan bagi semua perempuan berusia 30 dan 45 tahun. Kanker serviks menempati angka tertinggi diantara wanita berusia antara 40 dan 50 tahun, sehingga tes harus dilakukan pada usia dimana lesi pra-kanker lebih mungkin terdeteksi, biasanya 10 sampai 20 tahun lebih awal.

- Advertisement -