Kapal Migran Tenggelam di Pantai Libya, 240 Tewas

141 views
Ilustrasi, Kapal yang mengangkut imigran terbalik di lepas pantai Lybia/ Foto: AFP

LIBYA – Kapal pengangkut migran asal Afrika tenggelam di lepas pantai Libya dan setidaknya 240 migran telah tewas tenggelam dalam 48 jam terakhir.

Lembaga imigrasi PBB menyatakan hal ini terjadi ditengah upaya Eropa untuk menghentikan para penyelundup dan untuk melatih penjaga pantai Libya.

Juru Bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) Leonard Doyle mengatakan jika lima kapal penyelamat telah dikoordinasikan oleh penjaga pantai Italia, meskipun upaya penyelamatan dinilai gagal karena sebagian besar korban tewas.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi mengatakan ia sangat sedih dengan terjadinya kembali kapal migran yang karam yang diakibatkan cuaca buruk dan terlalu banyaknya penumpang.

“Mediterania adalah bentangan laut mematikan untuk pengungsi dan migran, namun mereka masih melihat tidak ada pilihan lain selain mempertaruhkan hidup mereka untuk menyeberang,” katanya dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Reuters, Jumat (4/11/2016).

Kedatangan migran di Italia melonjak hingga 27.388 orang pada bulan Oktober, sehingga total tahun ini menjadi lebih dari 158.000, sebagaimana diungkapkan juru bicara IOM Italia, Flavio di Giacomo.