Selasa , 26 September 2017
Home > Wakafedia > Wakaf Islam 7: Wakaf adalah Harta Abadi
Wakaf Jalan Allah
Ilustrasi: Wakaf

Wakaf Islam 7: Wakaf adalah Harta Abadi

Wakaf Islam (7)

“Hartamu adalah apa yang telah kau makan, atau apa yang kau pakai hingga lusuh atau yang kau sedekahkan hingga kau abadikan.”

Harta terbaik yang abadi adalah sedekah jariyah (wakaf)

 

Adalah jelas bahwa tujuan wakaf adalah jalan kebaikan dan kedekatan kepada Allah Swt. Dan jelas pula bahwa sejak masa Nabi kita SAW bahwa sedekah kepada keluarga dan keturunan merupakan bagian dari amal kebajikan yang ditekankan dalam Islam. Inilah sesuatu yang hingga sekarang tidak mampu dipahami rahasianya oleh legislasi barat modern, khususnya Amerika.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berlomba dalam amal kebajikan. Diantaranya yang kekal abadi, tidak pernah terputus. Ada pula amal kebajikan yang hanya sekali waktu dan tidak membentang melampaui waktu Disisi lain, kebajikan kadang ditujukan kepada orang tertentu atau bisa juga ditujukan kepada tujuan tertentu, tanpa melihat pribadi-pribadi yang mengambil manfaat darinya.

Amal kebajikan harta dibagi menjadi dua kelompok yaitu Sedekah barang konsumsi dan Sedekah Jariyah (wakaf) yaitu sedekah barang tahan lama. Sedekah barang konsumsi yaitu sedekah barang yang akan habis atau rusak karena dipakai. Adapun sedekah jariyah mencakup amal kebajikan yang memiliki manfaat jangka panjang. Ada sedekah yang mengalir selamanya seperti tanah, dan ada pula yang sedekahnya mengalir selama harta yang disedekahkan masih mengalirkan manfaat bagi penggunanya.

Macam-macam wakaf :

  1. Dari segi sasaran :
  • Wakaf Publik, ditujukan kepada masyarakat umum
  • Wakaf privat (keluarga), ditujukan kepada keluarga pewakaf (wakif)
  • Wakaf Musytarak , gabungan antara wakaf publik dan wakaf privat
  1. Dari segi waktu :
  • Wakaf selamanya (abadi), misalnya wakaf tanah.
  • Wakaf sementara, yaitu wakaf yang dibatasi waktunya oleh usia harta atau atas kemauan pewakaf
  1. Dari segi penggunaan :
  • Wakaf langsung, seperti masjid, sekolah, RS, Panti jompo, dll
  • Wakaf Investasi, yaitu harta wakaf di usahakan untuk mendatangkan surplus dimana surplus tersebut yang dimanfaatkan sesuai sasaran wakaf

Namun demikian UU modern mengabaikan pengelompokan wakaf tersebut. Misalnya UU Aljazair hanya menyebut wakaf sosial (publik) dan wakaf keluarga (privat); UU Sudan dan Yordania membagi wakaf menjadi wakaf sosial, wakaf keluarga dan wakaf gabungan saja.