Selasa , 25 Juli 2017
Home > Ragam > Setelah 6 Tahun Terlantar, Akhirnya Mbah Kiyar dapat Layanan Kesehatan
Pak Kyar sedang diperiksa oleh tim kesehatan RS Aka Sribhawono. Foto: Ist

Setelah 6 Tahun Terlantar, Akhirnya Mbah Kiyar dapat Layanan Kesehatan

LAMPUNG TIMUR – Setelah 6 tahun terlantar,  dan tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik, akhirnya Mbah Kiyar, 70 tahun, dapat bernapas lega. Warga Desa Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono, Lampung Timur kini mulai terperhatikan.

Sejak kejadian memilukan, 6 tahun lalu itu, ketika mau ngambil jatah Raskin, sebuah kecelakaan telah mengubah jalan hidupnya. Ia lumpuh.

Akan tetapi kini mulai mendapat layanan kesehatan terbaik.  Itu berkah dari kehadiran Rumah Sakit Dompet Dhuafa Aka Sribawono di Lampung Timur itu.

Hari ini, Rabu (11/1/2017), tim kesehatan dari Rumah Sakit Aka Sribhawono Dompet Dhuafa datang ke rumah Mbah Kiyar untuk memeriksa kesehatan awal.

Hari ini pula, Mbah Kiyar akan di ronsen dan menjalani pemeriksaan klinis. Pemeriksaan Mbah Kiyar langsung dipimpin Zro Tri, Kepala Instalasi Keperawatan, dibantu Bidan Popi dan Perawat Jaka.

Baca Juga : Jatah Raskin yang Tak Terlupakan

Seperti ditulis KBK kemarin, kondisi Mbah Kiyar sangat memprihatinkan, hidup dengan keadaan serba kekurangan dan mengalami patah tulang di kaki kanannya, membuat Pak Kiyar merasa kesulitan beraktivitas.

Tepatnya pada 6 tahun yang silam, saat Pak Kiyar hendak mengambil jatah beras miskin (Raskin) ia mengalami kecelakaan lalu lintas hingga mengakibatkan patah tulang disalah satu kakinya.

Hingga kini, kondisi kaki kanan Pak Kiyar tampak tidak sempurna akibat dibiarkan selama bertahun-tahun karena tak punya cukup biaya untuk melakukan pengobatan.

Kini Pak Kiyar hanya bisa menghabiskan masa tuanya sebatang kara menempati rumah sederhana milik warga sekitar yang hanya berukuran 2×4 meter ditambah satu ruangan dapur seadanya. Tak mampu berbuat banyak, bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan saja Pak Kiyar hanya bisa berharap belas kasihan tetangga.

Menurut drg. Wahyu Prabowo, Direktur RS Aka Sribhawono,  Mbah Kiyar akan dioperasi untuk reparasi tulang kakinya, agar ia bisa beraktifitas kembali. Semua biaya dicover BPJS.

kyar4kyar3

pakyar2pakyar3pakyar4pakyar5