Senin , 27 Maret 2017
Home > Ragam > Jika Ada yang Beli, Pengasong Rokok ini Lari ke Warung Seberang
kemiskinan
Foto Dok SIYC

Jika Ada yang Beli, Pengasong Rokok ini Lari ke Warung Seberang

JAKARTA – Ditengah gemerlap Kota Jakarta yang sarat kemakmuran ternyata masih banyak menyimpan kisah miris. Terutama bagi mereka yang hidup miskin. Salah satunya seperti yang dialami oleh pria yang fotonya beredar di akun Facebook Unique Ketua Regional Komunitas Share If You Care Jakarta.

Dalam foto yang diunggah ke akunnya tampak seorang berjaket hitam dengan memakai topi warna senada tengah menulis sesuatu di sebuah kertas koran. Di depannya terdapat kotak asongan yang berisi bungkus rokok.

Seperti dikatakan Unique dalam akun Facebooknya  pria yang belum diketahui identitasnya itu biasa beredar di pertigaan Terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Yang membuatnya miris jika ada seorang pembeli datang membeli rokok dagangannya ternyata pria itu justru lari menuju warung kelontong disebrang jalan.

Ternyata ia tidak menjual rokok, modalnya sudah ludes. Kumpulan bungkus rokok yang memadati asongannya ternayta kosong. Dikatakan Unique pria itu hanya menerima upah Rp 500 perak dari setiap batang rokok yang berhasil dijual. Kisah ini juga diviralkan oleh pemilik akun Facebook Embe Pecintakopisejati Pasarminggoe.

Seperti dikutip dari postingannya, Embe selalu bertemu dengan pria itu setiap kali menjemput istrinya di Pasar Minggu. Setiap kali bertemu, pose pria itu pun selalu sama, yakni hanya corat-coret koran. Hingga suatu ketika, Embe mencoba untuk melarisi barang dagangan pria bertopi itu. Saat hendak dibeli, pria itu justru lari ke warung. Embe menuturkan dirinya sudah melihat pria tersebut sejak enam bulan lalu.

“Kurang tahu juga dia punya keluarga atau tidak. Masalah nama dan orang mana belum dapat info lebih lanjut,” tutur Embe.