TKW Jadi Viral Setelah Unggah Video Curhat Dianiaya Majikan di Oman

603 views
Aciah, TKW yang unggah video curhat dianiaya majikan di Oman/ Youtube
- Advertisement -
JAKARTA – Seorang tenaga kerja wanita (TKW) di Oman, Aciah binti Alih tengah menjadi viral karena ia mengunggah video curahan hatinya tentang kekerasan yang kerap ia dapat dari majikannya.
Video curhatan tersebut ia unggah melalui facbeook bernama akun Elisa Poetra Karawang. Menanggapi video yang sudah beredar luas tersebut di media sosial, KBRI Muscat, Oman langsung membantu Aciah keluar dari masalah bersama majikannya.
Kepada Antara London, Jumat (20/1/2017), KBRI Muscat mengatakan telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sejak menerima video pengaduan tersebut yang masuk ke akun Facebook KBRI.
Tanggal 18 Januari, KBRI Muscat melakukan pertemuan dengan majikan Aciah di Muscat dan memperoleh informasi bahwa Aciah telah bekerja pada keluarga di Salalah tersebut selama dua tahun. Aciah merupakan salah satu dari tiga orang TKI asal Indonesia yang bekerja pada keluarga Oman tersebut. Majikan Aciah sangat kooperatif dan telah menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya.
KBRI Muscat telah memastikan bahwa Aciah alias Elisa tidak akan mengalami kekerasan fisik dan hak-haknya sebagai pekerja domestik senantiasa terlindungi.
Pada tanggal 19 Januari, KBRI Muscat telah mengirimkan seorang pejabat konsuler ke kota Salalah untuk memastikan bahwa majikan mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak KBRI dan untuk melihat secara langsung kondisi fisik Aciah. Dalam waktu dekat, Aciah pun akan dipulangkan ke Tanah Air atas biaya majikan.
Sementara itu dipantau KBK, melalui akun facebook yang sama, bernama Elisa Poetra Karawang, Aciah berterimakasih pada pihak KBRI Muscat juga majikannya karena telah kooperatif, dalam pesan yang diunggahnya pada Kamis (19/1/2017) malam.

“Saya minta maaf kepada majikan saya dan keluarga nya atas perlakuan saya mencemarkan nama baik dia.

- Advertisement -