Ayo Nyoblos!

303 views
- Advertisement -

PARTISIPASI masyarakat dengan menggunakan hak pilihnya, mengawasi proses pemungutan suara dan menentukan pilihan berdasarkan nalar atau akal sehat dan cerdas, merupakan kunci sukses Pilkada serentak 2017.

Orang yang tidak menggunakan hak pilihnya, berarti ia memberikan peluang menang bagi pasangan calon (paslon) yang tidak amanah atau prorakyat, bahkan paslon tunggal di suatu daerah yang tidak dikehendaki, dengan mudah akan memenangkan kotak kosong jika calon pemilih enggan datang ke TPS. Kartu suara yang sudah disediakan untuk pemilih terdaftar yang tidak menggunakan haknya kemungkinan juga bisa disalahgunakan pihak lain.

Masyarakat diharapkan pula menyampaikan laporan jika ada hal-hal mencurigakan terkait Pilkada di lingkungan tempat tinggalnya, termasuk jika ada yang mengiming-imingi pemberian atau melakukan praktek uang atau money politics.

Untuk itu sudah tersedia aplikasi berbasis android Gowaslu sebagai wahana bagi penggunanya yakni masyarakat dan Bawaslu guna melaporkan adanya indikasi pelanggaran di pilkada 2017.
Aplikasi Gowaslu bisa diunduh di Google Play Store dengan memasukkan nomor KTP, foto diri dan alamat e-mail. Setelah menerima verifikasi dari Bawaslu, aplikasi dapat digunakan.

Masyarakat juga dapat memantau hasil perhitungan suara melalui situs kawalpilkada.id yang dapat diunduh melalui AppStore dan PlayStore.
Untuk menjadi relawan, caranya: masuk aplikasi melalui akun e-mail, Facebook atau Twitter. Pertama, mengambil foto formulir C1, dokumen hasil perhitungan suara di TPS maing-masing, kemudian unggah foto C1. Kedua, mengisi hail suara di TPS.

Yang tidak kalah pentingnya, bagaimana rakyat yang memiliki hak pilih menjatuhkan pilihan tepat bagi paslon yang berintegritas, amanah dan memegang janji-janji yang dilontarkan saat kampanye.

Ingkar Janji
Fakta membuktikan, paslon yang piawai memikat, mempesona dan santun berorasi atau bertutur kata, belum tentu amanah, bahkan ada yang ingkar janji saat sudah duduk di singgasana kekuasaan.

- Advertisement -