Repotnya Inggeris Cerai dengan UE

145 views
Inggeris mulai melakukan proses perceraian (Brexit) dengan Uni ERopa (castle report-us.)
- Advertisement -

SEGUDANG persoalan dihadapi Inggeris yang menuruti kehendak rakyatnya melalui referendum, memutuskan keluar (Brexit) dari Uni Eropah (UE).

Setelah parlemen Inggeris meloloskan RUU untuk hengkang dari UE, Senin (13/3) lalu, PM Inggeris Theresa May menerima mandat untuk mengaktifkan Traktat 50 setelah menjadi UU nanti, kemungkinan pada Maret ini juga.

Pasal 50 Traktat Lisabon memuat ketentuan, negara yang mengaktifkannya  harus memulai proses resmi maksimal dalam dua tahun, untuk keluar dari keanggotaan UE.

Selama proses berlangsung, negara yang menyatakan eksit dari UE, dalam hal ini Inggeris,  tidak dilibatkan lagi dalam perundingan-perundingan atau keputusan yang diambil UE.

Sebelumnya, tahap pertama pembahasan RUU Brexit di tingkat Majelis Rendah (House of Common) telah dilakukan  (2 Feb.) lalu, menghasilkan 498 suara mendukung dan 114 menolak.

Hasil perolehan suara di Majelis Rendah terkait pro-kontra terhadap RUU Brexit tersebut sebenarnya tidak mencerminkan sikap  para wakil rakyat tersebut mengingat mayoritas kubu Partai Konservatif maupun Partai Demokrat tidak memihak pada Brexit. Parlemen harus mengikuti kehendak rakyat.

Dalam fererendum yang diselenggarakan pada 23 Juni 2016, 52 persen atau mayoritas rakyat Inggeris memilih Brexit, sedangkan yang menginginkan untuk tetap tinggal di UE – aliansi regional terbesar di dunia – hanya 48 persen.

Berbagai persoalan akan menerpa Inggeris pasca eksit dari UE nanti, mulai dari kemungkinan kehilangan akses ke pasar tunggal Eropa (European Common Market)  termasuk izin kerja bagi warga negara UE atau sebaliknya , begitu juga dengan pembayaran uang mahar perceraian sebesar 20 milyar Euro bagi negara yang menarik diri dari keanggotaan dari UE.

Hal-hal semacam itu juga akan berdampak pada politik di dalam negeri Inggeris, apalagi jika langkah untuk hengkang dari UE mengakibatkan kerugian bagi perekonomian negara itu.

- Advertisement -