Sumur Rusak Akibat Banjir, Warga Aceh Singkil Mandi Seminggu Sekali

159 views
- Advertisement -
ACEH SINGKIL –  Sumur intake (sumur penghisap) di lokasi WTP Gampong Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, rusak dan menyebabkan ratusan warga di sana kesulitan sarana air bersih.
Warga terpaksa menampung air hujan, dan mengharapkan bantuan air dari sumur bor tetangga. “Sudah betul-betul susah kami di sini, saya terpaksa mandi semingu sekali sudah dua bulan ini,” keluh salah satu guru SD di daerah itu, diberitakan GoAceh, Rabu (22/3/2017).
Terhentinya pelayanan air bersih di lokasi Water Treed Plan (WTP) Gunung Meriah, disebabkan rusaknya sumur Intake yang roboh akibat abrasi pantai saat banjir besar beberapa bulan terakhir.
Direktur PDAM Tirta Singkil Azwan yang ditemui GoAceh di ruang kerjanya, membenarkan robohnya sumur intake di Gunung Lagan itu menyebabkan pelayanan air bersih terganggu.
“Rumah sumur roboh, di dalam ada 2 mesih penghisap, satu bisa dibuka dan satu lagi masih tertinggal didalam,” terangnya
Dijelaskannya WTP ditenagai dua mesin penghisap, dengan kekuatan 20 liter per detik, yang menarik air ke mesin pengolahan dari sungai.
Sudah dibuat penanganan manual dengan 1 mesin penghisap, namun air yang masuk ke WTP lebih kecil dari air yang akan didistribusikan. Sehingga dampaknya mesin 2 jam sekali mati.
Warga menurutnya terpaksa harus bersabar. Karena harus menunggu dibuat sumur baru. “Pembuatan sumur baru, akan segera dilaksanakan, kemungkinan April kegiatan sudah berjalan, karena tinggal menunggu bupati untuk proses pencairan dana di Dinas Keuangan,” kata Azwan.
- Advertisement -