Selasa , 26 September 2017
Home > Berkat > Medika > Hasil Penelitian Baru: Orang Pintar, Hidup Lama
Ilustrasi

Hasil Penelitian Baru: Orang Pintar, Hidup Lama

LONDON – Orang yang lebih pintar, akan hidup lebih lama, demikian menurut penelitian baru yang dipublikasikan di British Medical Journal.

Ilmuwan sosial mengaku, telah lama mengamati hubungan antara kecerdasan tinggi dan usia yang lebih lama, namun korelasi tersebut sebagian besar disebabkan oleh faktor-faktor yang terkait dengan IQ tinggi.

Mereka yang mendapat nilai bagus dalam tes kecerdasan cenderung memiliki gelar dan mendapatkan penghasilan lebih, misalnya: kedua faktor juga berkaitan dengan meningkatkan kemungkinan hidup sampai usia lanjut.

Sekarang, sebuah studi komprehensif telah memperkuat teori tersebut – yang dikenal sebagai “hipotesis integritas sistem” – yang menyimpulkan bahwa orang dengan IQ tinggi secara bawaan akan lebih sehat dibanding yang ber IQ rendah.

Survei yang dilakukan di Skotlandia pada tahun 1930-an dan 1940-an mencatat skor tes IQ hampir setiap anak berusia 11 tahun. Dari peserta Survei Mental Skotlandia 1947, 33.536 pria dan 32.229 peserta diperiksa.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Catherine Calvin seorang profesor psikologi di Universitas Edinburgh, menganalisis penyebab kematian orang-orang di kelompok usia tersebut untuk menentukan apakah ada korelasi antara kecerdasan masa kecil dan berapa lama mereka hidup.

Mereka menemukan, setelah memperhitungkan faktor-faktor seperti pendapatan dan kebiasaan merokok yang lebih tinggi, peneliti menemukan bahwa kecerdasan masa kecil berhubungan terbalik dengan semua penyebab utama kematian

Terutama korelasi kuat antara kecerdasan yang rendah dengan penyakit pernafasan, penyakit jantung dan stroke. Sebuah asosiasi juga diamati antara hasil IQ masa kanak-kanak dan kematian karena cedera, kanker terkait merokok, penyakit pencernaan dan demensia.

Seperti dilaporkan independent.co.uk, Koneksi lain yang lemah ditemukan antara tingkat IQ masa kanak-kanak dan bunuh diri, dan dengan kanker yang tidak berhubungan dengan rokok.