Selasa , 26 September 2017
Home > Telisik > Nasib Pemimpin NIIS al-Bagdhadi Masih Misteri
Benteng terakhir pertahanan NIIS di Mosul sudah jatuh ke tangan pasukan Irak, namun nasib pemimpinnya, Abu Bakr al-Baghdadi masih misterius (Newsmagazine)

Nasib Pemimpin NIIS al-Bagdhadi Masih Misteri

JATUHNYA kota Mosul – simbul awal kebangkitan Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS) ke tangan pasukan Irak, belum serta-merta menguak tabir misteri dan teka-teki mengenai kematian  pimpinan tertingginya, Abu Bakr al-Baghdadi.

Rumor tentang tewasnya orang nomor satu di NIIS tersebut sudah muncul sejak 2014, namun sejauh ini belum pernah dikonfirmasikan, baik oleh kelompok koalisi pasukan Irak dan AS serta lawan-lawan NIIS lainnya maupun dari kalangan internal NIIS sendiri.

Baru setelah sisa-sisa laskar NIIS takluk dan didepak dari bagian kota tua Mosul barat  Minggu lalu (9/7), sejumlah sumber media NIIS di kota Tal Afar, 63 Km arah barat Mosul yang dikutip stasiun  TV swasta Irak, Samaria News membenarkan tewasnya sang pemimpin.

Berita terkait kematian al-Bahgdadi juga diungkapkan oleh Pemantau Hak Azasi Manusia di Suriah (SOHR) bermarkas di London yang mengaku memperoleh informasi dari sumber yang layak dipercaya yakni salah satu pimpinan NIIS di wilayah Deir al-Zor di Suriah timur.

Tidak diperoleh rincian lebih jauh mengenai kapan dan dimana  serta penyebab kematian al-Baghdadi, selain disebutkan ia selama berapa bulan terakhir ini bersembunyi di sebuah tempat di kawasan Deir al-Zor.

Namun sumber intelijen AS maupun pemerintah Irak meragukan kematian al-Baghdadi yang menurut mereka, pemimpin tertinggi NIIS itu masih hidup dalam keadaan sehat dan saat ini bersembunyi di kawasan gurun sahara di luar kota Mosul.

AS juga pernah menyayembarakan penangkapan al-Baghdadi dengan iming-iming hadiah sebesar 25 juta dolar AS (sekitar Rp350 milyar) , sama halnya dengan yang diberlakukan bagi orang atau pihak-pihak yang bisa menangkap pimpinan al-Qaeda Osama bin Laden.

(Mungkin) sudah tewas