Selasa , 21 November 2017
Home > Berkat > Intelijen Irak Berikan Kesaksian, Pemimpin ISIS Al Baghdadi Masih Hidup
Foto Ilustrasi

Intelijen Irak Berikan Kesaksian, Pemimpin ISIS Al Baghdadi Masih Hidup

BAGDAD – Seorang perwira intelijen Irak menyaksikan hari Ahad (16/7/2017) pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi ternyata masih hidup.

Bulan lalu, media Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa al-Baghdadi diyakini terbunuh dalam serangan udara di Suriah.

Pejabat A.S., bagaimanapun, mengatakan bahwa mereka tidak memiliki bukti yang mengkonfirmasi kematian pemimpin ISIS tersebut.

“Al-Baghdadi masih bersembunyi di Suriah di sebuah daerah di luar [provinsi Suriah utara] Raqqah,” ungkap Abu Ali al-Basri, kepala departemen intelijen dan anti-terorisme di Kementerian Dalam Negeri Irak, mengatakan kepada Al- Koran Sabah

Dia bersikeras bahwa laporan yang berbicara tentang kematian al-Baghdadi tidak benar.

A.S. menawarkan hadiah USD$ 25 juta untuk membunuh al-Baghdadi, yang memisahkan diri dari organisasi al-Qaeda pada tahun 2013.

Dia terakhir terlihat di depan umum pada tahun 2014 setelah kelompoknya menangkap Mosul saat dia mengumumkan pembentukan apa yang disebut kekhalifahan di Suriah dan Irak.

Dikutip dari Anadolu Agency, pekan lalu, pihak berwenang Irak mengumumkan pembebasan penuh Mosul, kubu ISIS berakhir di Irak utara