Seberangi Lautan, ALS Sentuh Daerah Minus Faskes di Pessel

226 views
Seberangi lautan ALS DDS
- Advertisement -

PESISIR SELATAN–Aksi Layanan Kesehatan (ALS) Dompet Dhuafa Singgalang kembali sentuh daerah pelosok minus fasilitas kesehatan.

Kali ini, tim ALS bergerak menyeberangi lautan, menuju Nagari Sungai Nyalo, Kab. Pesisir Selatan. Di nagari ini, profesi utama masyarakat adalah nelayan. Namun begitu profesi ini tak mampu menutupi kebutuhan pokok masyarakat. Sebab hasil tangkapan ikan seringkali tak sesuai harapan, dan amat dipengaruhi oleh cuaca.

Ditengah keterbatasan tersebut, fasilitas kesehatan juga amat jauh. Belum lagi biaya yang diperlukan tiap kali berobat. Membuat warga enggan untuk mengakses layanan kesehatan. Akibatnya, penyakit yang diderita hanya ditangani secara tradisional, sehingga tak jarang penyakit yang awalnya sepele menjadi lebih para karena minim penanganan.

Adanya ALS ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga yang rata-rata amat jarang mendapat fasilitas kesehatan baik karena kelemahan ekonomi maupun kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan yang ada.

Minggu (6/8), pukul 07.30 WIB, Rombongan tim Dompet Dhuafa Singgalang dan tim ALS yang beranggotakan relawan medis berangkat dari Padang membawa peralatan kesehatan serta box obat-obatan.

Meski hujan mengiringi perjalan dari Padang hingga memasuki Pesisir Selatan, namun  bisa dibilang lancar dan aman, tujuan awal kegiatan ALS sebenarnya di Nagari Sungai Pinang. Namun, saat menuju lokasi yang harus ditempuh menggunakan perahu kecil dari TPI Carocok Tarusan, Tim Dompet Dhuafa Singgalang bersama tim medis dan pemerintah Kecamatan, harus memutuskan untuk mengalihkan kegiatan ke nagari Sungai Nyalo yang letaknya lebih dekat. Pengalihan lokasi kegiatan ini disebabkan kondisi cuaca hujan sedang disertai badai, sehingga tidak memungkinkan untuk ditempuh oleh tim Dompet Dhuafa Singgalang yang saat itu membawa rombongan didampingi oleh tim pemerintah setempat yang berjumlah 27 orang.

- Advertisement -