Jumat , 15 Desember 2017
Home > Berkat > Banjir dan Longsor Manila, Dua Tewas
Banjir bandang di Taytay, Manila/ AP

Banjir dan Longsor Manila, Dua Tewas

MANILA – Dua anak di bawah umur tewas dalam tanah longsor di Taytay, saat hujan lebat membuat beberapa daerah di Luzon, termasuk Metro Manila, dilanda banjir, Selasa (12/9/2017).

Banjir juga menyebabkan pasar keuangan, kantor pemerintah dan sekolah ditutup dan beberapa penerbangan dibatalkan.

Pejabat penanggulangan bencana Elmer Espiritu mengatakan anak-anak di bawah umur yang diidentifikasi sebagai Jude Pundal (17), dan adik laki-lakinya, Justil (14) meninggal saat tanah longsor menutupi rumah mereka di kaki bukit sekitar pukul 4 dini hari di Barangay Dolores, Taytay.

Saudara laki-laki tersebut dinyatakan meninggal saat tiba di rumah sakit, sementara ibu mereka, Judith, mengalami luka-luka karena kejadian tersebut. Espiritu mengatakan tanah longsor itu dipicu oleh hujan deras.

Dia mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah tersebut telah diperingatkan untuk mengevakuasi diri atas kemungkinan tanah longsor, namun sebagian besar menolak mengevakuasi.

Espiritu mengatakan, seperti dilansir Sunstar, akan menerapkan evakuasi paksa bila diperlukan. Di Calamba, Laguna, banjir bandang menyapu setidaknya satu rumah di sepanjang tepi Sungai San Cristobal yang meluap.

Lima orang hilang, sementara delapan lainnya, termasuk lima anak, berhasil diselamatkan, kata pejabat penanggulangan bencana Noriel Habana.