Sabtu , 25 November 2017
Home > Berkat > Akhirnya, Kebakaran Hutan di Bromo Berhasil Dipadamkan
Ilustrasi/OkeTimes

Akhirnya, Kebakaran Hutan di Bromo Berhasil Dipadamkan

PROBOLINGGO – Kebakaran hutan Gunung Bromo di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terjadi sejak Senin (11/9/2017) berhasil dipadamkan.

Kepala Seksi I Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin mengatakan petugas berusaha maksimal untuk memadamkan api dengan menyemprot air dan titik api benar-benar padam di tebing yang berada di kawasan Bantengan pada Selasa (12/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Menurutnya pemadaman kebakaran hutan tersebut melibatkan berbagai pihak yakni petugas TNBTS, Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, sukarelawan, dan masyarakat.

Tim gabungan petugas juga mengaku kesulitan untuk memadamkan kebakaran karena sejumlah titik api berada di lokasi yang sulit dijangkau dengan kemiringan tebing sekitar 80-90 derajat.

Menurutnya, kebakaran di kawasan Gunung Bromo terakhir terjadi pada tahun 2014, sedangkan tahun 2015 dan tahun 2016 tidak ada kebakaran hutan, sehingga tumpukan serasah atau sampah-sampah organik yang berupa tumpukan dedaunan kering, ranting, dan berbagai sisa vegetasi yang sudah mengering mudah terbakar saat musim kemarau.

“Patroli terhadap sejumlah titik rawan kebakaran terus dilakukan oleh petugas TNBTS, sehingga diharapkan kebakaran tidak terjadi lagi di kawasan Gunung Bromo,” katanya, Rabu (13/9/2017) dikutip Antara.

Sarmin juga mengimbau wisatawan dan masyarakat tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat karena dapat memicu kebakaran di hutan Gunung Bromo yang penuh dengan tumpukan daun dan ranting kering.