Dengan Wakaf Uang, Kebutuhan Dunia Terpenuhi dan Dijanjikan Surga

350 views
- Advertisement -

Bila perlu kata Iwan, wakaf dimasukan ke dalam OJK atau BI supaya pengaturannya ketat dan jelas guna mengoptimalisasi aset wakaf yang berhasil terserap. Menurut Iwan wakaf juga merupakan sebuah instrumen yang fleksibel karena ada sistem wakaf berjangka waktu.

“Misalnya ada orang yang mau mewakafkan hartanya dalam jangka waktu 10 tahun. Setelah 10 tahun aset dan keuntungannya kembali, itu boleh sah-sah saja karena ada aturannya,” terang Iwan.

Dimata Iwan harta di dunia itu bersifat lengket. Supaya tidak lengket seorang muslim bisa melepaskannya dengan cara berwakaf.Wakaf tersebut juga bisa berperan dalam mengembangkan program kewirausahaan.

“Bayangkan bila ada satu usaha dibiayai wakaf, berapa banyak warga yang bisa terberdayakan,” ujarnya.

Diluar itu masjid juga memiliki peran besar dalam menyerap wakaf uang. Sekarang ini masyarakat hanya memahami kotak amal yang ada di masjid hanya berupa sodakoh. Namun menurut Iwan, DKM bisa memasang sebuah poster bertuliskan ‘Wakaf uang anda memabangun rumah sakit’.

“Ini bisa memberikan model wakaf yang mudah diakses oleh masyarakat supaya rasa kepeduliannya terbangun. Masjid harus menjadi satu jaringan dalam berwakaf untuk memudahkan masyarakat. Wakaf harus bisa menjadi gerakan nasional,” tuturnya.

Menyoal edukasi wakaf kepada masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya menyosialisasikannya melalui media. Pimpinan Redaksi Republika Irfan  Junaidi mengatakan kini wakaf belum menjadi agenda utama pemberitaan.

Lanjut Irfan prinsip dasar pemberitaan pada sebuah media adalah mendorong sebuah gerakan dan ketika pemberitaan itu memiliki dampak pada kebaikan maka pemberitaan itu berhasil.

Untuk saat ini proses pemberitaan wakaf baru ada di tahap menginformasikan. Ini pun kata Irfan masih perlu waktu untuk menjadi agenda utama pemberitaan. Proses berikutnya media wajib mendialogan antar stekholder wakaf. Proses ketiga ialah mengampanyekan gerakan wakaf dan terakhir ialah kontrol evaluasi.

- Advertisement -