Sabtu , 25 November 2017
Home > Berkat > Bencana > Ratusan Rumah Dihantam Banjir Bandang di Solok Selatan

Ratusan Rumah Dihantam Banjir Bandang di Solok Selatan

PADANG – Ketika beberapa wilayah dilanda kekeringan, berbeda dengan Solok Selatan, Sumatera Barat justru dilanda banjir bandang.

Sedikitnya empat jorong (dusun) di Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dilanda banjir Bandang. Akibatnya ratusan rumah dan jalan tertimbun lumpur dan batang kayu yang terbawa banjir.

“Banjir ini datang tadi malam saat kami sedang rapat di Masjid Darus Salam. Tiba-tiba suara gemuruh dari sungai, akhirnya saya bubarkan rapat itu dan menghubungi camat, polsek dan koramil bahwa telah terjadi banjir bandang di tempat kami,” kata Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah, Zulfikar Erawandi, Jumat (15/9/2017).

Banjir bandang yang terjadi sekitar Pukul 20.30 WIB itu mengakibatkan sekira 300 rumah dipenuhi air dan lumpur setinggi 75 sentimeter. Tak hanya itu, jalan lintas Sumatera pun penuh lumpur setinggi 4o sentimeter.

“Kami butuh alat berat untuk membersihkan jalan agar bisa akses. Selain itu juga mesin kayu untuk memotong kayu-kayu yang telah menutupi saluran air di bawah jembatan,” tambah Zulfikar.

Lainnya yang dibutuhkan, tambah Wali Nagari, adalah bantuan makanan untuk para korban banjir bandang yang rumahnya rusak dan dipenuhi lumpur.

“Ada memang rumah warga yang mengalami rusak berat setelah dihantam gelondongan batu-batu dan kayu, tapi kita masih melakukan pendataan,” terangnya.

Bantuan yang sudah masuk dari pemerintah kabupaten dan provinsi berupa terpal, selimut, tikar untuk tempat tidur warga. Selain itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Solok Selatan untuk membuat dapur umum.

“Bahan makanan masyarakat sudah terendam serta alat masaknya sudah tertimbun lumpur. Belum kami ketahui korban jiwa namun tim BPBD dan DPD terkait sudah datang sejak tadi malam,” katanya.