Sabtu , 25 November 2017
Home > Ragam > Berprestasi di Pertempuran, Veteran ini Sekarang Hidup Miskin
veteran

Berprestasi di Pertempuran, Veteran ini Sekarang Hidup Miskin

JAKARTA – Kisah veteran perang yang hidup miskin kembali viral di dunia maya. Setelah hari pahlawan 10 November lalu, kehidupan Sulawi veteran asal Kedungturi, Gudo, Jombang, Jawa Timur hangat diperbincangkan netizen.

Dengan mengandalkan uang pensiuan Rp 1,8 juta per bulan, Sulawi harus hidup dan tinggal di bangunan sempit bekas toko. Di sana Sulawi mesti berdesak-desakan dengan perkakas yang dimilikinya.

Dikutip dari akun Instagram Arif Witanto, dahulu Sulawi pernah ikut bertempur melawan Belanda untuk merebut kemerdekaan dan bergabung menjadi anggota TNI. Sulawi bukan prajurit biasa, ia berprestasi dalam pasukan khusus TNI AL (korps Komando Operasi KKO.

Bahkan Sulawi menjadi prajurit tepilih untuk dikirim oleh Presiden Soekarno ke Amerika Serikat untuk belajar tentang inti komando dan strategi perang. Meski memiliki segudang prestasi kehidupan Sulwi memprihatinkan.

“Sulawi tak memiliki rumah sendiri, sehingga terpaksa tinggal di bangunan sempit itu. Ia juga terlilit hutang,” tulis Arif dalam postingannya.