Sabtu , 25 November 2017
Home > Berkat > 338.108 Orang Mengungsi Akibat Konflik Afghanistan
Pengungsi afghanistan/ AA

338.108 Orang Mengungsi Akibat Konflik Afghanistan

AFGHANISTAN – Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Afghanistan mengatakan dalam laporan terakhirnya pada 12 November 2017,  sebanyak 338.108 orang mengungsi karena konflik di Afghanistan.
Angka tersebut naik hampir 19.000 orang dibandingkan minggu sebelumnya. Angka terakhir terjadi saat Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan dan Angkatan Darat Afghanistan sedang bertempur melawan Taliban dan kelompok pemberontak lainnya di 88 dari 407 distrik di negara tersebut.

Serangan musim semi tahunan Taliban berada dalam fase akhir dimana musim dingin akan segera terjadi.


Laporan OCHA telah mengindikasikan bahwa bagian utara dan timur laut negara bagian yang berbatasan dengan Asia Tengah telah menanggung beban pemindahan yang disebabkan oleh pertempuran dimana jumlah 110.619 pengungsi internal telah diverifikasi,  32 persen dari total perpindahan tahun ini di seluruh wilayah negara.

Provinsi Nangarhar timur terbentang di antara ibu kota Kabul dan daerah kesukuan di Tepi Barat juga merupakan daerah yang paling parah terkena dampak dalam hal ini.

OCHA telah mencatat bahwa 24.000 orang dilaporkan masih dalam perpindahan dari distrik Khogyani, di mana militan pro-Daesh dan Taliban sering terlibat dalam bentrokan untuk wilayah, dan pasukan Afghanistan sibuk dalam operasi kontra-terorisme.

Yang terburuk ketiga adalah wilayah selatan, benteng terkuat Taliban, dimana total 68.919 orang saat ini mengungsi, 20 persen dari total pemindahan tahun ini.

OCHA telah mengutip pihak berwenang setempat mengatakan hampir 5.500 orang melarikan diri dari beberapa distrik yang diperebutkan di provinsi Helmand, Kandahar dan Uruzgan ke kota Kandahar dan lebih dari 7.500 orang tiba di kota Gereshk Helmand dalam seminggu terakhir, demikian dilansir Anadolu, Selasa (14/11/2017).