Sabtu , 25 November 2017
Home > Berkat > Operasi Penyelamatan Gempa Iran Berakhir, Korban Selamat Butuh Bantuan
Warga Kermanshah, Iran, menangisi kondisi setelah gempa/ Reuters

Operasi Penyelamatan Gempa Iran Berakhir, Korban Selamat Butuh Bantuan

IRAN – Operasi penyelamatan telah berakhir di wilayah-wilayah Iran yang dilanda gempa bumi  yang menewaskan  450 orang dan melukai ribuan lainnya.

“Operasi penyelamatan di provinsi Kermanshah telah berakhir,” ungkap kepala Dinas Kesehatan Darurat Iran Pir-Hossein Kolivand.

Kini,  korban selamat dilaporkan membutuhkan makanan dan air, serta berjuang mengatasi trauma dan penyakit pascagempa.

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda desa-desa dan kota-kota di daerah pegunungan di provinsi Kermanshah yang berbatasan dengan Irak dimana banyak orang tengah tertidur. Sedikitnya 14 provinsi di Iran terkena dampaknya.

Presiden Iran Hassan Rouhani tiba Selasa pagi hari di daerah yang dilanda gempa di Kermanshah dan berjanji bahwa pemerintah “akan menggunakan semua kekuatannya untuk menyelesaikan masalah dalam waktu sesingkat-singkatnya”.

Televisi pemerintah mengatakan ribuan orang berkerumun di kamp, sementara banyak lainnya menghabiskan malam kedua di tempat terbuka karena takut getaran lebih banyak setelah beberapa gempa susulan.

Seorang wanita muda tunawisma di Sarpol-e Zahab, salah satu kota yang paling parah terkena bencana, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa keluarganya terkena angin malam karena kurangnya tenda.

“Kami butuh bantuan. Kita butuh segalanya. Pihak berwenang harus mempercepat bantuan mereka, “katanya, dilansir Reuters.

Sementara itu gempa juga dilaporkan merusak lebih dari 30.000 rumah di daerah tersebut dan setidaknya dua desa hancur total.