Sabtu , 25 November 2017
Home > Berkat > Medika > Virus Ebola Belum Teratasi, MonkeyPox Hadir Jadi Ancaman Dunia
Orang terserang MongkeyPox bisa menyebabkan kematian. Foto: Ist

Virus Ebola Belum Teratasi, MonkeyPox Hadir Jadi Ancaman Dunia

AFRIKA – Ada virus yang berhasil dimusnahkan seperti cacar, yang mengandung virus mematikan berhasil musnah tahun 1977. Kasus terakhir diketahui terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1949 dan karena program vaksinasi di seluruh dunia, penyakit ini telah sepenuhnya dimusnahkan.

Namun masih ada penyakit yang disebbabkan virus yang belum dapat disembuhkan. Seperti virus Ebola yang belum dapat disembuhkan. Centers for Disease Control and Prevention masih bekerja keras untuk menyembuhkan Ebola. Kasus ini belum berhasil dituntaskan, virus mematikan lainnya datang menjadi ancaman.

Adalah Virus Monkeypox pertama kali diidentifikasi pada tahun 1970 sebagai penyebab penyakit seperti cacar pada manusia. Virus ini ditemukan di lokasi terpencil di Afrika 1958, ketika dua wabah penyakit seperti cacing terjadi di koloni monyet yang dikandangkan untuk penelitian. Karena ditemukan di monyet para ahli memberi nama virus itu dengan “monkeypox . ”

Virus Monkeypox dapat menyebabkan penyakit dengan ruam pada kulit, demam dan pembengkakan rahang yang menyakitkan.

Dikutip dari Viral4Real, dalam temuan wabah sebelumnya, virus ini menyebabkan kematian sekitar 1-10 persen dari kasus yang terinfeksi.

Tahun ini, telah terjadi 88 kasus MongkeyPox yang dilaporkan, yang banyak ditemukan di desa terpencil Manfoute, Afrika.

Belum ada obat khusus untuk mengobati penyakit ini, namun perawatan intensif dapat mendukung pasien untuk pulih sepenuhnya.