Jumat , 15 Desember 2017
Home > Berkat > Lembaga Filantropi Mitra Staregis Pemerintah

Lembaga Filantropi Mitra Staregis Pemerintah

JAKARTA (KBK) -Direktur Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial RI Harapan Lumban Gaol menegaskan, pemerintah terus mendukung gerakan filantropi di Indonesia untuk mewujudkan SDGs.

“Hal ini didukungan oleh kebijakan pemerintah untuk menjawab tantangan filantropi, berdasarkan pilar SDGs,” ucap Harapan pada Seminar Filantropi 2017 di Kompleks Parlemen, Jakarta (7/12).

Menurut Harapan filantropi dapat dijadikan upaya sebagai penanggulangan kemiskinan, kesetaraan kesejahteran, membuka lapangan pekerjaan dan meningktkan pendidikan berkualitas. Harapan mengatakan bahwa pemerintah sadar tidak bisa melakukan hal itu seorang diri. Untuk itu dibutuhkan peran lembaga lembaga filantropi untuk membantu warga miskin.

Harapan melihat belakangan sudah banyakan lembaga non pemerintah seperti lembaga filantropis menunjukan keberpihakannya kepasa masyarakat miskin. Namun hal itu perlu ditingkatkan guna memaksimalkan potensi filantropi.

“kemensos tengah melakukan revisi UU no 9 tahun 1961 tentang pengumpulan uang dan barang agar lebih relevan dengan kondisi permasalahan saat ini. UU ini juga bertujuan untuk memudahkan lembaga filantropi bekerja karena lembaga filantropi adalah mitra straregis pemerintah,” tukasnya.