Gubuk Reyot Pelindung 3 Lansia, Satu Diantaranya Hanya Bisa Terbaring Sakit

159 views
- Advertisement -

JAKARTA – Siang itu gubuk reyot yang bangunannya agak doyong ke kanan tampak hening. Beratapkan pecahan asbes dan spanduk, sekilah tak ada kehidupan di sana. Hanya suara gemerisik dedaunan yang membuat tempat tinggal Simus, Gondik dan Kresno menjadi ‘ramai’.

Di dalam gubuk itu ketiganya menghabiskan waktu dengan kegiatan yang berbeda. Sudah 6 bulan lalu Simus hanya bisa melewati hari dengan terbaring lemah di atas tanah yang beralaskan tikar tipis. Kondisi tubuh yang lemah membuatnya tak mampu berdiri, apalagi harus bekerja.

 

 

Sementara Gondik, hanyalah pencari daun jati dengan penghasilan sekedar untuk menyambung hidup. Sedangkan Kaseno bekerja serabutan, tak jarang juga ia menjadi buruh tani.

Kisah pilu ke tiga lansia asal Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur itu diviralkan oleh netizen bernama Arif Witanto di akun Intagramnya. Menurutnya, unggahannya itu mendapat banyak respons positif dan tak jarang mereka ingin membantu Simus dan keluarga.

“Setelah diunggah ada perhatian dari teman-teman komunitas serta kawan kawan TKI dan TKW. Ini kita lagi upaya untuk bedah rumah beliau yang dana bedah rumah murni dari komunitas,” tutur Arif Witanto.

Menurutnya, Simus, Gondik, dan Kaseno sudah berusia di atas 50 tahunan. Arif beraharap, upaya bedah rumah nantinya bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun.

- Advertisement -