Luapan Air Kali Pesanggrahan Rendam Jalan Penghubung Sawangan-Cipayung Depok

126 views
Ilustrasi banjir Pondok Pinang akibat meluapnya Kali Pesanggrahan/ Warta Kota
- Advertisement -

DEPOK  – Air Kali Pesanggrahan meluap dan merendam jalan penghubung Kecamatan Sawangan dan Cipayung di Kampung/Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Selasa (13/2/2018).

Titik genangan air berada di sekitar Jembatan Pasir Putih dan ketinggian air Kali Pesanggrahan nyaris sejajar dengan jembatan itu.

Dipantau PR, sejumlah pengendara sepeda motor dari arah Cipayung menuju Sawangan dan sebaliknya terpaksa menghentikan perjalanan karena genangan air tinggi. Namun, beberapa pengendara motor dan pengemudi mobil nekat menerobos. Alhasil, beberapa motor mengalami mogok saat menerobos genangan.

Abeng (63), warga sekitar mengungkapkan, luapan Pesanggrahan sudah rutin terjadi.
Menurut dia, permukaan air mulai naik sejak Senin malam. Bahkan, permukaan air merendam Jembatan Pasir Putih.

Saat itu, jalan penghubung sempat terputus karena kendaraan tak berani melintas. Abeng tahu betul kondisi jembatan penghubung dua kecamatan itu. Pasalnya, Abeng bertugas sebagai penyalur air bersih warga kampung di area jembatan.

Abeng mengungkapkan, dangkalnya permukaan Kali Pesanggrahan menjadi penyebab banjir menjadi langganan tempat tersebut. “Bawah (sungai) belum dikeruk jadi dangkal,” ucapnya.

Kondisi tersebut diperparah tumpukan sampah yang terbawa aliran air dan tersangkut di jembatan. Tak hanya itu, badan kali mengalami penyempitan karena longsornya turap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung di bagian hilir jembatan.

Aliran air akhirnya tersendat dan meluber ke tepian kali. Selain jalan dan rumah, air juga merendam kebun-kebun di pinggiran Pesanggrahan.

Hingga Selasa siang, permukaan air masih cukup tinggi kendati mulai surut.

- Advertisement -