Mengintip Program Food Bank for Asmat Dompet Dhuafa

83 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Menanggulangi permasalahan KLB gizi buruk dan campak di Asmat, Papua Dompet Dhuafa luncurkan program Food Bank for Asmat. Kamaludin relawan Dompet Dhuafa yang menangani kasus Asmat menuturkan, Food Bank for Asmat tak hanya menyentyh kesehatan saja tetapi juga pendidikan dan sarana.

“Kesehatan hanya intinya saja, nanti ada turunannya yang bisa memberdayakan warga,” ujar Kamal saat konpres di Gedung Filantropi, Jakarta (14/2).

Di luar kesehatan konsep Food Bank sendiri kata Kamal akan meliputi pendirian instalansi air bersih dengan sistim tadah hujan menggunakan toren. Pilot projeck konsep ini akan mulai diterapkan di kampung Sawah di pedalaman Asmat.

“Curah hujan di sana sangat tinggi, beda hujannya dengan di Jakarta. Selain itu kami juga akan buat instalasi air siap minum,” paparnya.

Berikutnya ialah membangun instalasi energi terbarukan menggunakan panel surya. Selain curah hujan yang tinggi, Matahari di Asmat juga akan terasa terik bila cuaca cerah. Terakhir ialah pemberdayaan ekonomi terhadap warga Asmat, khususnya yang tinggal di dekat TPA.

‘Warga di sana pandai memahat, tetapi akan kami lebih berdayakan dengan pengolahan sampah plastik. Pasarnya sudah ada di Surabaya, tinggal kita pasok,” ucap Kamal.

Food Bank for Asmat sendiri akan berjalan hingga satu tahun kedepan dengan penerima manfaat sekitar 50 KK.

- Advertisement -