Komunitas Kampung Akuarium : Shelter ini Adalah Bagian dari Perjuangan Kami

245 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara bisa kembali tersenyum sejak Pemda DKI Jakarta mendirikan 107 unit shelter. Dari pantauan KBK di lapangan shelter tersebut dibagi kedalam dua bagian, shelter A yang terletak di sisi timur dan shelter C yang berada di bagian barat kampung.

Sementara di sisi utara rencananya akan dibangun shelter B. Di tiap-tiap shelter juga akan dilengkapi oleh 16 bilik MCK umum yang kini masih dibangun. Setiap satu unit sheter terdiri dari dua ruangan. Bagian dinding shelter terbuat dari triplek dengan rangka dan kuda-kuda menggunakan baja ringan.

Untuk mencegah panas masuk ke ruangan, plafon shelter dilapisi oleh busa peredam panas dengan atap menggunakan spandek. Ketua Komunitas Kampung Akuarium, Darma Diyani menuturkan terbangunnya shelter merupakan bagian dari perjuangan warga setelah pemukiman mereka digusur April 2015 silam.

“Ini adalah bagian dari perjuangan warga dari aksi demo untuk kembalinya kampung. Kami tidak ingin kembali uang, kami hanya ingin kampung kami kembali karena kampung adalah segalanya dan alhamdulilah direspon positif oleh gubernerur Jakarta yang sekarang,” ucap Yani panggilan akrab wanita tersebut (19/2).

Rencananya Kampung Akuarium akan dibangun ulang dengan mekanisme kolaboratif. Artinya, warga setempat aktif dilibatkan sejak awal perencanaan. Jadi, warga itu bukan semata-mata sebagai customer yang lalu membuat rencana sendiri tetapi juga diajak untuk duduk bersama. kedepannya Kampung Akuarium akan menjadi bagian dari obyek pariwisata sejarah.

Kampung Akuarium akan terintegrasi dengan obyek wisata sejarah lainnya di sekitar kawasan Penjaringan, seperti Sunda Kelapa dan Luar Batang.Oleh karena itu kata Yani, sebelum hunian untuk warga yang permanen dibangun, warga ditempat di shelter sementara. Warga Kampung Akuarium rencananya akan ditempatkan di sana selama 2 tahun.

- Advertisement -