SEMBADRA EDAN

728 views
Sembadra jadi edan, Harjuna khawatir istrinya ikut-ikutan ngamuk di pesantren.
- Advertisement -

WARA Sembadra yang telah diperistri Harjuna, konon merupakan titisan Dewi Widowati. Siapakah Widowati itu, apakah masih keluarga bintang film Wieke Widowati? Bukan, tapi namanya sangat ngetop dalam dunia perwayangan. Dia adalah bidadari jenis super, yang menjadi idola setiap wayang dalam kotak. Bukan saja karena kecantikannya, tapi juga sangat pintar membahagiakan suami di atas ranjang. Maka siapapun berhasil menikahi dirinya, bakal bahagia dunia akhirat.

Tapi sebagai bidadari Widowati hanya dialokasikan bagi kalangan dewa semata. Wayang ngercapada hanya sekedar dapat duplikat atawa titisannya. Itupun tak semua wayang kebagian. Kata mereka yang telah berhasil mendapatkannya, setiap wanita yang titisan Widowati akan membuat kaum lelaki gemak lonteng-lonteng, krasa penak ndengkeng-ndengkeng (menggeliat ketagihan).

“Dewi Sinta memang oye….,” kata Prabu Rama yang mendapatkan istri juga titisan Widowati.

“Wara Sembadra memang beda,” kata Harjuna yang juga beristrikan wanita titisan Widowati.

Gara-gara terlalu fanatik pada titisan Widowati, makanya Burisrawa dari kesatrian Cindekembang, memilih tidak kawin seumur hidup jika bukan diladeni (beristrikan) putri bungsu Prabu Basudewa dari negri Mandura itu. Karenanya meski umur sudah kepala empat, dia masih seperti Rinso: mencuci sendiri. Di rumahnya yang besar dan indah di Cindekembang Regency, dia hanya ditemani pembantu. Jadi sejak Burisrawa sunat usia 14 tahun, dia belum pernah mbelah duren!

“Sudahlah Buris, kamu jangan menunggu godot. Mending ambil perempuan yang lain saja. Ada janda cantik lagi ngetop, namanya Ayu Tingting, mau? Nanti Oom siap ngelamar buat kamu.” Bujuk Patih Sengkuni.

“Nggak ah, dia kan sudah dinikahi Boy Wlilliam. Pokoknya kalau bukan Sembadra, enggaklah..!” jawab Burisrawa tak berubah.

“O lha cah edan. Geyong-geyong woh kuweni, bojone uwong kok dienteni (bini orang kok ditunggui),” gerutu Patih Sengkuni.

- Advertisement -