1.000 Warga Palestina tewas Akibat Blokade Israel

52 views
- Advertisement -
GAZA – Organisasi amal yang berbasis di Jalur Gaza mengatakan lebih dari 1.000 warga Palestina telah tewas akibat blokade Israel yang sedang berlangsung.

Koordinator organisasi tersebut, Ahmad al-Kurd, juga mengatakan pada hari Minggu (25/2/2018) bahwa lima bayi prematur yang lahir dalam beberapa hari terakhir meninggal karena kurangnya perawatan medis yang tersedia.

“Dari 1.000 korban blokade tersebut, 450 meninggal akibat jatuhnya situasi kesehatan di Gaza, seperti kurangnya pasokan medis dan krisis rujukan medis untuk perawatan di luar.”

Warga Gaza terus menghadapi situasi putus asa karena blokade dengan kekurangan air dan listrik, serta kurangnya obat-obatan dan dokter tidak dapat melakukan operasi.

Kurdi mengatakan penggunaan listrik alternatif oleh penduduk Jalur Gaza sejak 2006 telah menyebabkan kematian 100 orang.

“Penggunaan lilin, kayu bakar atau generator telah mengakibatkan kebakaran di rumah yang merenggut nyawa anak-anak dan orang dewasa sama,” katanya, dilansir Aljazeera.

Selanjutnya, jumlah pekerja yang terbunuh di ladang pertanian, perikanan dan terowongan komersial sudah mencapai 350 orang.

- Advertisement -