Rusia: Militan di Ghouta Timur Siapkan Provokasi Serangan Kimia

108 views
- Advertisement -

SURIAH – Rusia telah memperingatkan bahwa gerilyawan di Ghouta Timur sedang bersiap untuk meluncurkan serangan kimia yang mereka rencanakan untuk kemudian dituduhkan pada pemerintah Suriah.

“Data yang kami miliki mengindikasikan bahwa para pemimpin unit militan sedang mempersiapkan sebuah provokasi yang akan melibatkan penggunaan senjata kimia untuk menuduh pasukan pemerintah menyebarkan senjata kimia kepada warga sipil yang damai,” kata sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah pada hari Minggu (25/2/2018).

Ddilansir Press TV, pusat tersebut juga meminta semua pihak terlibat dalam konflik tersebut untuk menghentikan semua tindakan tempur dan provokasi bersenjata.

Ghouta Timur dekat Damaskus telah menyaksikan kekerasan baru dalam beberapa hari terakhir, di mana teroris telah memasang serangan mortir berulang-ulang ke ibukota Suriah dalam menghadapi sebuah serangan yang akan segera terjadi. Kekuatan Barat, bagaimanapun, menyalahkan pemerintah Suriah dan Rusia atas krisis tersebut.

Ibukota Suriah telah mengalami peningkatan dramatis dalam serangan mematikan selama beberapa hari terakhir. Kekerasan yang meningkat terjadi di tengah upaya internasional untuk mengakhiri bentrokan antara pasukan pemerintah dan militan di Ghouta Timur.

Pada hari Sabtu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan suara bulat memilih sebuah resolusi yang menuntut gencatan senjata 30 hari di Suriah ‘tanpa penundaan’ untuk memungkinkan akses bantuan dan evakuasi medis.

Tentara Suriah melancarkan operasi darat pada hari Minggu melawan Front al-Nusra dan kelompok teroris lainnya di wilayah Ghouta Timur, merebut kendali atas beberapa wilayah.

- Advertisement -