Dampak Banjir, Harga Beras di Bojonegoro Naik

89 views
Ilustrasi sawah terendam banjir/ Foto: elshinta.com
- Advertisement -

BOJONEGORO – Dampak dari banjir di Bojonegoro, harga beras di Pasar Beras Banjarejo  naik Rp 200-500/kg dalam beberapa hari ini.

Pedagang di Pasar Beras Banjarejo Bojonegoro Waris mengaku, beberapa hari ini harga beras naik dari Rp9.000 menjadi Rp9500/kg untuk beras jenis premium.

“Beberapa hari ini beras harganya naik, setelah sempat turun pertengahan Februari lalu,” jelas Waris seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Andik Setyobudi.

Harga beras di pasaran Bojonegoro naik karena panen padi yang sudah berkurang, dan harga gabah yang naik sebagai dampak banjir Bengawan Solo lalu.

Sedang dampaknya harga gabah dan beras juga naik, untuk beras baru dengan kualitas sedang kisaran Rp10.000 ribu, sementara gabah Rp 4500-4800 ribu/kg.

“Gabah harganya naik, otomatis harga beras juga naik” terang Waris.

Dijelaskan Waris, kondisi banjir di wilayah Bojonegoro membuat panen padi menurun,  sehingga harga cenderung naik beberapa hari terakhir.

“Meski harga beras tinggi pasokan beras ke pasar beras Banjarejo normal sepekan ini”, tambahnya

Saat ini petani di sekitaran Bengawan Solo sudah tidak ada yang panen, sehingga tengkulak menjual beras dengan harga tinggi ke pedagang. Sedang beras yang laku saat ini adalah beras baru panen pada bulan Februari.

 

- Advertisement -