“Outbound” Naik Tank, Berbuah Musibah

817 views
Kendaraan lapis baja pengangkut personil (APC) M113 milik Yon 412 BES Kostrad terperosok di Kali Bogowonto, saat dinaiki siswa PAUD dan TK Purworejo, Sabtu (10/3)
- Advertisement -

NIAT menyenang-nyenangkan siswa-siswi TK dan PAUD di Kel. Sindurjan, Purworejo, Jawa Tengah, berujung musibah akibat terperosoknya kendaraan lapis baja pengangkut personil M-113A milik Batalyon Mekanis Raider 412 BES Kostrad di Kali Bogowonto, Purworejo, Sabtu pagi(10/3).

Bisa dibayangkan, betapa riang dan bangganya 132 anak didik TK dan PAUD itu ketika memperoleh kesempatan menjajal naik kendaraan lapisbaja buatan AS yang digunakan lebih 60 negara dan sudah malang-melintang di berbagai palagan tempur di dunia.

TK Ananda menyertakan enam murid, TK Masitoh 71 murid, PAUD Lestari 20 murid dan PAUD Handayani 35 murid atau seluruhnya 132 murid dan sejumlah guru pendamping mereka.

Usai sesi pengenalan tentang jenis kendaraan yang akan mereka tumpangi, murid TK dan PAUD tersebut dibawa keliling asrama Batalyon 412 BES Kostrad dengan tiga kendaraan M-113A1 dan kemudian diteruskan dengan acara “outbound”,menyeberangi Kali Bogowonto.

Tank pertama berhasil menyeberangi Kali Bogowonto yang alirannya cukup deras, namun malang, kendaraan kedua terperosok di lumpur sehingga penumpangnya terlempar ke sungai, sebagian besar dapat ditolong kecuali Kepala PAUD Ananda, Iswandari dan Pratu Randi Suryadi dari Yon 412 yang meregang nyawa.

Iswandari terbawa arus, sedangkan Pratu Randi kehabisan tenaga setelah berhasil menyelamatkan sejumlah korban.

Empat korban lainnya yang hingga kini masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit (RS) Citrowardoyo adalah Khofifah Rajendra, Nabhan Dzulfadli dan Luki Fauziah dari TK dan PAUD Ananda dan Endah Purwaningsih (55) pengasuh TK.

Hayunda, ibunda Luki Fauziyah menuturkan peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba. “Saat itu, anak-anak naik di atas tank. Tiba-tiba tank nyungsep, terus siswa tercemplung ke air. Saya langsung memegang anak saya,” katanya ditemui di RS Citrowardoyo, Purworejo, Sabtu (10/3).

- Advertisement -