Wakaf Bisa Bikin Orang Bahagia di Hari Tua

365 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Ada tiga jenis perilaku manusia di dunia. Ketiga jenis perilaku ini akan menentukan kebahagiaan seseorang di hari tua. Pertama giver yakni kebiasaan gemar memberi harta pribadi kepada orang lain. Kedua taker, yaitu kebiasaan memanfaatkan aset milik perusahaan dan menganggap aset itu adalah miliknya. Terakhir ialah matcher, adalah kebiasaan yang mengharapkan timbal balik bila menjalin suatu hubungan.

Dari ketiga perilaku di atas, giver justru berada di urutan buncit sebagai kebiasaan yang dapat membuat bahagia seseorang di hari tua, peringkat dua diduduki oleh perilaku taker dan matcher sedangkan di peringkat pertama kembali diisi oleh sifat giver.

“Giver yang nomor tiga itu adalah sifat baik seseorang yang hanya dimanfaatkan oleh orang lain, tidak memiliki tujuan hidup dan menolak belajar. Sedangkan giver yang diurutan pertama adalah yang bisa membuat orang bahagia di usia tua karena mau membuka diri, mau menerima ilmu dan dekat dengan tuhannya, sifat giver seperti ini biasanya diterapkan dalam bentuk berwakaf,” ujar Jamil Azzaini Motivator Senior dalam acara Waqaf Launch Gathering Dompet Dhuafa di Jakarta (20/3).

Dalam motivasinya Jamil juga mengatakan bahwa orang yang suka berkontribusi dan terlibat aktif membantu sesama juga merupakan ciri orang yang bakal hidup happy di hari tua. Selain memiliki sifat giver, orang yang menginginkan hidup enak ketika tua juga dituntut harus memiliki energi positif. Energi positif itu bisa dimulai dengan mengubah perilaku dari sekarang.

“Mulailah menabung energi positif, tabungan ini bisa dalam bentuk berwakaf karena dengan wakaf pahala dan kebaikan akan mengalir abadi,” kata Jamil.

Menyatut ucapan Gubernur Bank Indonesia, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantripi drg Imam Rulyawan MARS mengatakan bahwa zakat dan wakaf merupakan cara tepat untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Imam menambahkan kini setidaknya terdapat 92 juta orang miskin di Indonesia bila melansir data yang dikeluarkan Kemenkes.

- Advertisement -