Nenek ini Siap Daki Everest untuk Peringati Hari Kartini

243 views
- Advertisement -

JAKARTA – Clara Sarwati tampak duduk sendiri di sudut pendopo kompleks Kepatihan Yogyakarta. Nenek berusia 52 tahun ini dengan sabar menunggu giliran untuk diperkenankan bertemu dengan Wakil Gubernur Sri Paduka Pakualam X.

Seperti dilansir Tugujogja (11/4) kehadirannya menemui Wakil Gubernur DIY karena ingin berpamitan sekaligus mohon doa restu agar perjalanannya mendaki Gunung Everest diberi keselamatan. Ia bersama enam srikandi lainnya memang berencana menaklukkan puncak Everest di hari Kartini, 21 April nanti.

Clara merupakan pendaki gunung yang ulung. Ia sudah pernah menaklukkan 7 puncak dunia dan 14 puncak gunung dengan ketinggian 18 feat DPL. Di usianya yang sudah senja ini, ia ingin kembali menaklukkan puncak everest.

Dahulu Clara menjadi salah satu anggota dari tim yang pertama kali menaklukkan puncak Everest. Bersama dengan 12 rekannya dari Nepal dan seorang lagi dari Indonesia, mereka menaklukkan puncak Everest pada dekade 90 an.

Kini, meski usianya sudah tidak terbilang muda, ia dipercaya memimpin tim pendaki wanita Indonesia untuk menaklukkan puncak everest. Enam pendaki wanita lain usianya jauh di bawah dirinya, bahkan di bawah 30 tahunan.

Karena usianya sudah tidak muda lagi, ia akan menjadi tim kedua alias tim penyapu. Bekal dan pengalamannya yang cukup matang dalam hal pendakian membuatnya paham dengan kondisi dan situasi alam.

“Sekarang saya latihan fisik terus dengan berenang. Minimal 2 jam per hari ia berlatih renang bersama anak-anak,” ungkapnya

- Advertisement -