Enam Mahasiswa Tenggelam Saat Arung Jeram di Sungai Pait, Satu Tewas

112 views
Ilustrasi Tenggelam/ IST
- Advertisement -

KEDIRI – Sekelompok Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam)  Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri  terseret arus dan tenggelam di Sungai Pait Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, saat sedang melakukan kegiatan arung jeram.

Akibat peristiwa tersebut, salah satu korban tewas, bernama Mufidatul Anisa (19),  mahasiswi semester dua jurusan Matematika.

Awalnya Minggu (15/4/2018) sekira pukul 14.00 WIB, korban bersama lima orang temannya yang tergabung dalam Mapala mengikuti arung jeram.

Mereka, Khusnul Solikah, Jumrotun Munawaroh, Nurlatif Doni Fatria, termasuk juga saksi menaiki perahu karet. Mereka mengambil start arung jeram dari Dusun Mloyo, Desa Mlancu, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Rencananya, rombongan mahasiswa ‘Kampus Biru’ ini finish sampai di basecamp mereka yang terletak di tepi Sungai, tepatnya di Gang Keramat Jalan Sooko, Kecamatan Kandangan.

Tetapi sebelum sampai tiba di finish, kurang lebih sekitar 200 meter, perahu karet yang ditumpangi korban bersama teman-temannya mengalami kecelakaan.

Perahu oleng, kemudian menabrak batu sungai. Akibatnya, semua penumpang terjebur dan terseret arus sungai yang deras. Korban sempat terseret arus sekitar 1 kilometer (km) dari tempat awal perahu karet oleng.

Korban ditolong oleh beberapa warga. Dia langsung dinaikan ke tepi sungai dan kemudian dibawa ke Puskesmas Kandangan. Namun, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia

Sementara teman-temannya selamat. Namun mereka mengalami luka-luka hingga harus menjalani perawatan. Antara lain, Jumrotun Munawaroh, Khusnul Solikah, Nurlatif Doni Fatria, Heru Kurniawan dan Mirza Islami Gigih Hari Saputro.

Kasubbag Humas Polres Kediri, AKP Setyo Budi mengatakan, pihaknya membenarkan kejadian ini. “Kami sudah berkoodinasi dengan Unit Pidum Polres Kediri. Kasus ini sedang dalam proses penyelidikan,” jelas AKP Setyo Budi, Senin (16/4/2018), dikutip beritajatim.

- Advertisement -