Putin : Akan Ada Kekacauan Global Kalau AS Serang Suriah Lagi

48 views
- Advertisement -

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan potensi terjadinya kekacauan global ketika Amerika Serikat dan negara sekutunya, Inggris dan Perancis melancarkan serangan kembali ke Suriah.

Hal itu disampaikan Putin lewat percakapan telepon dengan mitranya dari Iran, Hassan Rouhani pada Minggu (15/4), sebagaimana dilansir Reuters, Senin (16/4).

Putin dan Rouhani membahas serangan rudal AS ke situs-situs di Suriah akibat dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Al-Assad.Mereka sependapat bahwa serangan AS telah merusak peluang untuk mencapai resolusi politik dalam konflik Suriah selama tujuh tahun silam.

“Vladimir Putin menekankan jika tindakan seperti itu dilakukan dengan melanggar Piagam PBB terus, maka itu pasti akan menyebabkan kekacauan dalam hubungan internasional,” ujar perwakilan Kremlin.

Sebelumnya, Rusia mengajukan resolusi ke dewan keamanan PBB serta mengutuk pasukan koalisi AS usai meluncurkan serangan udara ke Suriah. Resolusi itu ditolak dewan PBB, dan hanya disetujui oleh Rusia, Cina dan Bolivia.

- Advertisement -