Putin: Serangan AS di Suriah Kacaukan Dunia

97 views
- Advertisement -

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan pada hari Minggu bahwa serangan Barat lebih lanjut terhadap Suriah akan membawa kekacauan  dunia.

Sementara Washington bersiap untuk meningkatkan tekanan pada Rusia dengan sanksi ekonomi baru.

Dalam percakapan telepon dengan mitranya dari Iran Hassan Rouhani, Putin dan Rouhani setuju bahwa serangan Barat telah merusak peluang untuk mencapai resolusi politik dalam konflik Suriah tujuh tahun, menurut pernyataan Kremlin.

“Vladimir Putin, khususnya, menekankan bahwa jika tindakan seperti itu dilakukan dengan melanggar Piagam PBB terus, maka itu pasti akan menyebabkan kekacauan dalam hubungan internasional,” kata pernyataan Kremlin, dikutip Reuters.

Sementara itu, duta besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan pada program CBS bahwa Amerika Serikat akan mengumumkan sanksi ekonomi baru pada hari Senin yang ditujukan pada perusahaan “yang berurusan dengan peralatan” yang terkait dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad senjata kimia yang diduga digunakan.

Pada hari Sabtu, Amerika Serikat, Perancis dan Inggris meluncurkan 105 rudal yang menargetkan apa yang dikatakan Pentagon adalah tiga fasilitas senjata kimia di Suriah sebagai pembalasan atas dugaan serangan gas beracun di Douma pada 7 April.

- Advertisement -