Saudi Berikan Bantuan untuk Yerusalem

157 views
Ilustrasi/ IST
- Advertisement -

SAUDI – Raja Saudi Salman bin Abdul-Aziz pada hari Minggu menyumbangkan 150 juta dolar kepada Waqf Islam Yerusalem, sebuah lembaga yang ditugaskan untuk mengawasi tempat-tempat suci Islam di Yerusalem Timur.

Berbicara di pertemuan puncak tahunan Arab di kota Dhahran, Saudi timur, raja Saudi itu juga menawarkan bantuan $ 50 juta kepada badan pengungsi PBB, UNRWA.

“Palestina dan rakyatnya ada di hati semua orang Arab dan Muslim,” katanya, dikutip Anadolu.

Raja Saudi juga mengumumkan bahwa pertemuan satu hari akan diberi nama “KTT Yerusalem”.

Enam belas pemimpin Arab menghadiri KTT, yang dilakukan satu hari setelah AS, Prancis dan Inggris meluncurkan serangan udara bersama di Suriah di belakang serangan bahan kimia yang dicurigai oleh pasukan rezim.

Konflik Suriah, masalah Palestina dan dugaan campur tangan Iran diperkirakan akan mendominasi diskusi selama acara satu hari.

KTT Ahad datang tiga bulan setelah AS secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang memicu kecaman dunia.

Satu bulan setelah keputusan AS, Washington mengumumkan pada Januari bahwa ia menahan $ 65 juta bantuan kepada UNRWA.

Yerusalem tetap di jantung konflik Timur Tengah, dengan Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur – yang diduduki oleh Israel sejak 1967 – mungkin akhirnya berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina.

- Advertisement -