Anak Tukang Gali Kubur Lolos SNMPTN Unpad Fakultas Kedokteran

132 views
- Advertisement -

JAKARTA – Namanya Inka Kusmayanti. Sejak duduk di bangku sekolah ia sangat ingin sekali menjadi dokter. Kendati ayahnya hanya tukang gali kubur, namun putri pasangan Dedi Ismayadi dan Ati Rismiati ini tetap menggantungkan cita-citanya.

Berkat ketekunannya menimba ilmu, siswi SMA 1 Kota Cimahi ini berhasil lolos SNMPTN di Universitas Padjajaran fakultas kedokteran. Dilansir Grid.ID (19/4) Inka yang merupakan warga Jalan Margamulya, Gang Masjid Al-Fatah, RT 09/01, Cimahi Tengah, Kota Cimahi ini mengaku terkejut. Ia tak menyangka dirinya bisa masuk ke fakultas impiannya.

“Waktu tahu saya lulus itu kemarin pukul 17.05 WIB, saya buka pengumuman itu lewat komputer, ternyata saya lolos dan kaget. Sampai saya teriak dan bapak juga kaget,” ujar Inka di kediamannya, Rabu (18/4).

“Bapak pun sudah tidak bisa bilang-bilang apa-apa lagi hanya bisa bilang Allahu Akbar, mungkin nggak nyangka,” tambah Inka.

Meskipun kondisi keluarganya tak sama dengan teman-temannya yang lain, Inka tergolong siswi yang berprestasi, dirinya pernah masuk dan berhasil mengikuti Olimpade Sains Nasional.

Sebagai anak tunggal, dirinya tinggal bersama sang ayah yang kini sudah semakin tua. Kesehariannya, kini ayah Inka Kusumawati hanya bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhannya.

“Bapak kerjanya serabutan, kadang jualan burung, batu akik, kadang jadi tukang gali kubur tapi sekarang sudah jarang karena kakinya sudah mulai tidak kuat,” kata Inka.

- Advertisement -